Menyaring konten blog di internet ?


Ilustrasi

Ilustrasi

Filtering konten itu berat, kalau satu situs yang diblok dan tidak menyebar kemana-mana sih gampang. Masalahnya, konten itu kan bisa dimuat di berbagai media, sehingga sulit untuk dikontrol,” dikutip dari DetikInet, Rabu (19/11/2008).

Sejenak setelah membaca berita tersebut, terdiam seribu bahasa mencoba memahami makna sebenarnya.

Baru tersadar bahwa di era internet mulai mempersembahkan kemudah-kemudahan untuk beraktivitas di dunia maya ini, ternyata menyimpan sesuatu yang menakutkan (menurut saya), yaitu beredarnya konten yang tidak bertanggung jawab, abal-abal, ngapusi, OT (omong tok), kamso, katrok dalam artian bisa menjerumuskan pembacanya. Namun itulah efek samping dari kemajuan teknologi. Disini saya tidak akan membahas konten seperti apa yang termasuk katagori katrok, kamso, abal-abal dan sebagainya itu, tetapi mencoba untuk mencari solusi dalam menyaring konten-konten yang bisa dimasukkan katagori bahaya.

Orang awam seperti saya ini punya metode sendiri, namun untuk saat ini cuma bisa diterapkan untuk diri sendiri dan belum tentu cocok diterapkan untuk orang lain. Terus bagaimana dengan adik-adik saya, teman-teman saya? Apakah mereka juga melakukan filtering?

Pertanyaan-pertanyaan semakin bermunculan di pikiran saya. “Emangnya perlu di filter? kan saya sudah tahu mana yang menurut saya cocok saya buka”, “Wah kalau di filtering, ga bebas dong”, “Apa sih arti kebebasan berinternet?”, “Blognya si Anuanu itu bener ga sih?”, “Mesin yang buat filtering gedenya seperti apa ya?”, “Siapa yang sangat bertanggung jawab atas isi konten dari blog atau website?”, “blah  blah blah”, “de el el”.

“Mbok yo do sadar jangan bikin ribut”

Paling saya bisanya menghela nafas sambil bergumam, “wong awam ini blum menemukan solusinya, ada yg mau kasih solusi?”

Tinggalkan Balasan

