Mengintai Traffic Browser Komputer Kita


Ilustrasi

Ilustrasi

Mengintai kesanya melihat tanpa minta ijin atu memata-matai sesuatu. Namun kali ini yang kita intai adalah aktivitas browser dari komputer kita sendiri (no problemo dan tidak menyalahi UU *seharusny*). Sejauh mana kita mengetahui apa yang dikerjakan oleh browser kita seperti Internet Explorer ( IE ), Mozila, Netscape, dll pada waktu kita click suatu url / link / alamat website di internet? Atau tiap kali kita aktifkan Yahoo! Messenger pada desktop kita, atau setiap kali menjalankan IE tanpa memanggil website tertentu. Jawaban saya adalah “I don’t know exactly“.

Jawab saya diatas bukan basa basi yang terlalu basi. Namun dengan perkembangan dunia IT / Internet / Era Komputerisasi ini membuat saya serasa semakin tidak tahu ada apa dengan komputer saya yang biasa saya pakai sehari-hari sebagai orang awam.

Kali ini dengan sedikit trick dan bantuan proxy server yang ada pada lab saya, sedikit banyak saya dapat memonitoring aktivitas komputer saya disaat online, paling tidak aktivitas web browser saya.  Pada Internet Explorer saya pasang proxy ke Proxy Server saya. Perlu diketahui bahwa pada windows yang memiliki IE sebagai default browsernya, program messenger seperti Yahoo! Messenger mengitu konfigurasi dari IE tersebut.

Sebenarnya tidak harus menggunakan proxy server, bisa juga menggunakan software-software firewall yang di install pada komputer yang bersangkutan. Namun hal ini tidak saya lakukan dikarenakan apabila system komputer yang saya pakai sudah terkontaminasi dengan mahkluk seperti worm, virus, trojan, dan variantnya yang ternyata juga melumpuhkan firewall kita, sama aja bohong.

Setelah sukses memasang proxy pada connections option di IE, bisa di mulai pengintaian terhadap browser kita disaat melakukan surfing atau browsing. Tentunya pengintaian tersebut dilakukan dengan cara kita melihat atau memonitoring proxy server tersebut.

Hasil pemantauan cukup membuat saya sedikit jadi mengerti bahwa ternyata ada traffic internet yang dilakukan oleh komputer saya tanpa saya sadari atau tanpa saya bayangkan. Misalnya saja, disaat YM saya idle pun ternyata pada log proxy terdapat traffic dari komputer saya ke alamat yahoo. Sebagai orang awam tentunya hal ini adalah baru bagi saya. “Kirain kalo YM idel tidak ada aktivitas komputer saya ke internet”, pikir saya. Ternyata asumsi saya salah wahai pembaca.

Contoh Hasil Pengintaian

Contoh Hasil Pengintaian

Berikut gambar contoh hasil pengintaian pada proxy server disaat komputer saya idle. Pada gambar tersebut menunjuka adanya request / aktivitas dari komputer saya ke alamat url tertentu disaat komputer saya iddle. Bukan karena worm, virus, atau trojan, tapi bisa saja karena hasil install suatu program seperti YM, toolbar, serch program, dan lain sebagaianya. Jadi jangan panik dahulu bahwa system kita rusak terkena virus.

Dengan demikian, saya jadi lebih mensortir program-program yang saya install pada komputer dengan alasan supaya tidak terlalu banyak request atau beraktivitas ke internet. Kasian teman-teman yang sharing koneksi internet dengan kita, bisa-bisa mereka terganggu. Tidak hanya itu, jangan heran apabila komputer kita terkadang terasa lambat membuka atau mengakses suatu situs, perlu di intai apakah web browser kita hanya menuju pada website bersangkutan, atau justru lari kemana mana.

Begitulah hasil cerita dibalik intai mengintai. Diharapkan bisa dijadikan tambahan informasi bagi siapa saja kususnya bagi mereka yang lebih awam.

Tinggalkan Balasan

