Softphone SipLite


SipLite

SipLite

Bagi penggemar softphone SIP untuk Operating System Windows XP bisa menggunakan softphone SipLite yang mendukung codec g729 dan g723 saja.
SipLite ini menurut saya lumayan ringan, simple, dan masuk katogori bisa di pakai untuk melakukan komunikasi SIP.
Kenapa saya memakai SipLite? Dikarenakan saya ingin mencoba SIP dengan codec g723 dimana codec ini jarang sekali di support oleh free Softphone lainnya.
Konfigurasinya lumayan mudah dan sederhana. Namun karena terlalu simple, menurut saya ada beberapa feature yang terasa kurang di banding dengan yang terbiasa memakai SJPhone.
Entah kenapa disaat saya perbandingkan antara pemakaian SipLite dengan codec g729 dan g723 pada waktu itu bagusan g723. Pikir saya bahwa g729 akan lebih bagus suaranya dibanding g723 secara g723 lebih kecil konsumsi b/w nya.


Bicara konsumsi b/w SipLite ini bisa saya perkirakan dengan hasil pemantauan di router bahwa pemakaian g729 sebesar 24kbps, sedangkan g723 sebesar 17kbps.
Sekiranya apabila ada yang ingin mencoba silahkan dijadikan acuan.

Selamat Mencoba mumpung masih gratis.

4 thoughts on “Softphone SipLite

Tinggalkan Balasan

